JawaPos.com-Tidak hanya der trainer Hansi Flick Bayern Munich sedang limbung saat Joshua Kimmich absen hingga Januari usai menjalani operasi lutut kanan, Minggu (8/11).

Pelatih der Joachim "Jogi" Loew dari Jerman pun sempat bingung harus kehilangan Bek Terbaik Liga Champions 2019-2020.

Bahkan, seperti diberitakan media Jerman seperti Bild, Jogi akan lebih bingung ketimbang Hansi dalam mencari pengganti Kimmich. Pasalnya, karakter permainan Kimmich berbeda dengan gelandang yang masuk ke dalam skuad Die Mannschaft saat ini.

Ilkay Guendogan menjadi favorit sebagai pengganti Kimmich ketika Jerman mencoba melawan Republik Ceko di Red Bull Arena (Siaran langsung Mola TV pukul 02.45 WIB) dianggap lebih khas dari Toni Kroos.

  • Baca juga: Dari data statistik, Thibaut Courtois memang bukan ahli adu penalti

"Guendogan tidak memiliki karakter defensif yang sama dengan Kimmich," kata Jogi dalam jumpa pers tadi malam seperti dilansir Deutsche Presse-Agentur.

Opsi yang paling mungkin adalah bermitra dengan Kimmich sebagai poros ganda Bayern, Leon Goretzka. Pada pertandingan sebelumnya, Goretzka bermain lebih maju, bahkan diberi peran nomor 10 oleh Jogi.

Pilihan lainnya adalah memberikan kepercayaan diri kepada gelandang berusia 23 tahun Borussia Moenchengladbach Florian Neuhaus atau Mahmoud Dahoud (24 tahun, Borussia Dortmund).

Neuhaus dan Dahoud sama-sama melakukan debut bersama Die Mannschaft saat uji coba melawan Turki bulan lalu (8/10). Neuhaus memulai selama 78 menit sebelum digantikan oleh Dahoud.

"Saya suka tantangan dan menunggu peluang datang lagi," kata Neuhaus di situs resmi DFB.

Baca:  Positif Covid-19, Thiago Alcantara Absen dari Piala Liga Inggris