JawaPos.com – Inter Milan memastikan diri ke final Liga Europa setelah membantai Shakhtar Donetsk lima gol tanpa balas. Lautaro Martinez dan Romelu Lukaku masing-masing memborong dua gol, dan satu gol lainnya dicetak oleh Danilo D’Ambrosio. Di partai final Liga Europa Inter bakal menghadapi Sevilla di Stadion Energa, Polandia, pada Sabtu, 22 Agustus.

Awal pertandingan berjalan dengan tempo lambat. Inter lebih sering mengambil inisiatif menyerang daripada Shakhtar yang condong lebih bertahan. Namun, Nerazzurri -julukan Inter- tampak kesulitan menembus pertahanan lawan pada awal laga.

Tim Ukraina itu mulai berani menyerang ketika laga berjalan 10 menit. Mereka mengancam pertahanan Inter dari sayap kanan maupun kiri. Tetapi pertahanan Inter juga disiplin sehingga serangan selalu terpatahkan.

Gol pertama Inter terjadi pada menit 19. Berawal dari tendangan kiper Shakhtar yang terlalu lemah sehingga direbut Nicola Barella. Tak mau membuang kesempatan, dia langsung mengirimkan umpan silang dari sisi kanan yang disambut oleh sundulan Lautaro Martinez. Bola melesat ke sisi gawang.

Di menit ke-34, Inter punya kesempatan untuk menggandakan gol. Itu terjadi saat Barella memberikan ancaman lewat tembakan kerasnya ke arah gawang. Namun, tendangan itu masih bisa berhasil diblok kiper Andriy Pyatov dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Hingga akhir babak pertama, Shakhtar nyaris tak memiliki peluang membahayakan ke pertahanan Inter. Sepakan Marcos Antonio pada menit ke-43 menjadi satu-satunya kesempatan emas Shakhtar untuk menyamakan kedudukan.

Pada babak kedua, tim asuhan Antonio Conte itu tak lagi bermain menunggu. Mereka tampil menekan dan ganti menguasai aliran bola. Sayap juga menjadi alternatif serangan.

  • Baca Juga: Antonio Conte: Takut Tidak Masuk dalam Kamus Saya
Baca:  Philippe Coutinho dipastikan bertahan dengan Barcelona

Hasilnya, dua peluang hadir saat 10 menit babak kedua bergulir. Akan tetapi, upaya Lukaku dan Martinez masih belum membuahkan gol kedua buat Inter.

Permainan Shakhtar hanya bisa merepotkan Inter di babak pertama saja. Di paro kedua, permainan Shakhtar berantakan. Inter terus menerus menekan lewat kedua sayap. Inter mendapatkan beberapa kali kesempatan mengeksekusi sepak pojok. Pada menit ke- 64, Inter menggandakan skor lewat sundulan Danilo D’Ambrosio.

Ketinggalan dua gol membuat Shakhtar mulai kehilangan ritme permainan dan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Inter. Sepuluh menit kemudian atau menit ke-74, Martinez melesatkan gol keduanya. Kali ini sepakan kaki kanan Martinez meluncur mulus ke gawang Shakhtar. Skor menjadi 3-0.

Derita Shakhtar belum selesai. Inter kembali cetak gol lewat Lukaku pada menit ke-78 setelah mendapat umpan dari Martinez. Menjelang akhir pertandsingan, permainan Shakhtar mulai tak beraturan. Bahkan, kerap salah umpan. Pada menit 84, aksi individu Lukaku membuahkan gol. Dia mencetak gol keduanya lewat sepakan akurat ke sudut gawang Shakhtar. Inter memperbesar kedudukan jadi 5-0 hingga akhir pertandingan.

Saksikan video menarik berikut ini: