JawaPos.com-Pandemi Covid-19 memang mengubah tatanan jadwal sepak bola di Eropa. Ketika Liga Champions 2019–2020 baru tuntas atau memainkan final akhir pekan nanti (24/8), Ligue 1 musim depan (2020–2021) sudah kickoff pada Jumat (22/8).

Situasi yang menimbulkan pertanyaan tentang jadwal journee pembuka bagi Olympique Lyon (OL) maupun Paris Saint-Germain (PSG). Dua wakil Ligue 1 yang menjadi semifinalis Liga Champions musim ini.

Jika sama-sama lolos ke final, tentu tidak adil bagi kedua tim bila harus memulai Ligue 1 masih pada bulan ini.

Hal itu telah dipikirkan Federasi Sepak Bola Prancis (FFF). Dispensasi pun diberikan pada Ol maupun PSG. OL yang semula dijadwalkan menghadapi tuan rumah Montpellier HSC pada 24 Agustus telah diundur hingga 17 September mendatang. Begitu pula laga PSG kontra FC Metz yang di-reschedule dengan waktu yang sama.

”Kami yakin kedua tim bisa memanfaatkan waktu yang kami berikan untuk memulihkan persiapan fisik mereka menghadapi musim kompetisi yang baru,’’ sebut Presiden FFF Noel Le Graet seperti dilansir Le Monde.

Presiden OL Jean-Michael Aulas sepakat dengan kebijakan untuk klubnya. ”Otoritas Ligue 1 perlu mengakomodasi jadwal klub Prancis di Liga Champions karena sukses kami ataupun Paris Saint-Germain juga untuk mereka,” bebernya di laman resmi klub.

Kickoff Ligue 1 pun dipastikan hanya mempertandingkan satu laga, Girondins Bordeaux versus FC Nantes. Sebab, laga antara Olympique Marseille (OM) versus Saint-Etienne ditunda. Itu dilakukan setelah ditemukannya tiga kasus positif Covid-19 di OM.

Dini hari tadi, PSG berhasil lolos ke final Liga Champions 2020. Dini hari tadi, mereka mengalahkan RB Leipzig dengan skor 3-0. Tiga gol PSG dicetak Marquinhos (13′), Angel Di Maria (42′), dan Juan Bernat Velasco (56′).

Baca:  Barcelona Tidak Memiliki Uang untuk Menebus Depay