JawaPos.com – Ada lubang menganga di lini belakang Liverpool FC sebagai juara bertahan. Hingga matchweek kedelapan Premier League, dari lima besar klasemen sementara, mereka sudah jebol 16 gol.

Jumlah kebobolan itu paling banyak jika dibandingkan dengan Leicester City dan Tottenham Hotspur (9 gol), Chelsea (10 gol), serta Southampton FC (12 gol).

Dan, pada matchweek kesembilan dini hari nanti (23/11), Liverpool akan menjamu pemuncak klasemen Leicester City di Anfield (siaran langsung Mola TV pukul 02.15 WIB). Keduanya hanya bermargin satu poin (18-17).

Manajer Liverpool Juergen Klopp sudah kehilangan tiga beknya. Mulai bek tengah Virgil van Dijk (cedera lutut kanan), bek tengah Joe Gomez (lutut kiri), hingga bek kanan Trent Alexander-Arnold (betis).

Keadaan itu diperburuk dengan masih menunggu kondisi fisik gelandang bertahan Fabinho hingga detik-detik terakhir. Pemain asal Brasil itu belum sepenuhnya pulih dari cedera hamstring. Padahal, eks pemain AS Monaco tersebut kerap dimainkan Klopp sebagai bek tengah saat Van Dijk absen.

  • Baca Juga: Duel Lawan Guardiola, Pembuktian Mourinho Sebagai The Experienced One

Total, ada lima laga musim ini yang diperankan Fabinho sebagai bek tengah dengan semuanya berujung kemenangan.

Dengan kondisi Fabinho yang masih fifty-fifty, Klopp hanya menyisakan Joel Matip dan Nathaniel Phillips di posisi bek tengah. Hal itulah yang memunculkan opsi bahwa Klopp akan menerapkan formasi tiga bek. Dengan terbatasnya stok bek tengah, kans formasi tiga bek yang bakal dipakai pelatih asal Jerman itu tidak terlalu besar.

Sebab, stok gelandang Liverpool juga menipis seiring belum fitnya kapten Jordan Henderson dan Thiago Alcantara. Jika fit, sangat mungkin Fabinho tetap menghuni di lini tengah. Sedangkan lini belakang tetap pada komposisi empat bek dengan memaksimalkan Phillips dan bek kanan Rhys Williams.

Baca:  Misi Bersih-bersih Lewandowski Usai Jadi Pemain Terbaik Eropa

Lagi pula, terlalu riskan memainkan tiga bek. Kali terakhir Klopp menggunakan tiga bek pada matchweek ke-15 kontra Brighton tiga musim lalu dengan kemenangan 5-1.

Krisis pemain The Reds semakin menjadi-jadi dengan absennya wide attacker Mohamed Salah. Pemain asal Mesir itu positif Covid-19. Untung, posisi Salah bakal diisi Diogo Jota. Dengan begitu, striker Roberto Firmino bakal kembali ke habitatnya sebagai nomor sembilan.

’’Musim lalu mereka (Leicester City, Red) juga sempat merasakan ini (badai cedera) dan mereka berhasil melaluinya dengan baik (finis di posisi kelima),’’ ucap Klopp seperti dilansir BBC.

Sebenarnya, kondisi Leicester saat ini nyaris sama seperti Liverpool. Setidaknya, ada tiga pemain yang out. Mereka adalah bek tengah Caglar Soyuncu, gelandang Wilfred Ndidi, dan gelandang Daniel Amartey.

Tetapi, itu tampaknya tidak terlalu berpengaruh terhadap kans tim asuhan Brendan Rodgers tersebut untuk mendapat kemenangan pertama atas Liverpool setelah tidak pernah menang dalam enam pertemuan terakhir.

Salah satu senjata The Foxes adalah kapten sekaligus striker Jamie Vardy. Top scorer sementara Premier League musim ini dengan delapan gol itu cukup akrab dengan gawang The Reds.

Total, pemain 33 tahun itu mencetak 7 gol dan menciptakan 1 assist dalam 11 pertemuan. Keberadaan Vardy juga menjadi faktor Klopp tetap mengusung skema empat bek dini hari nanti.