JawaPos.com – Chelsea merasakan euforia pada bursa transfer musim panas tahun ini. Sekuritas yang dijatuhi larangan aktivitas di bursa transfer untuk periode yang sama tahun lalu, The Blues – sebutan Chelsea – kini melakukan belanja besar.

Tiga pemain sudah dilantik dan tiga nama lagi menunggu untuk diperkenalkan.

Kemarin (27/8) klub asal London Barat itu menjadikan bek kiri Ben Chilwell sebagai rekrutan ketiga untuk musim 2020-2021 setelahnya. penyerang luas Hakim Ziyech dan striker Timo Werner. Dengan biaya transfer hingga GBP 50 juta (Rp 968,6 miliar), Chilwell menjadi pemain termahal Chelsea musim ini.

Bagi pemain yang hanya menjadi pilihan utama selama tiga musim dalam karir profesionalnya bersama Leicester City, banderol mahal Chilwell menuai pro dan kontra.

Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 saat keseimbangan ekonomi klub sepak bola sedang tidak terlalu bagus.

  • Baca juga: Willian ke Arsenal, Pelatih Chelsea Frank Lampard: Saya Tidak Kecewa

Memang, Chilwell masih muda di usia 23 tahun dan penampilannya musim lalu telah menarik perhatian. Namun, itu melebihi banderol harga resmi Ziyech (EUR 40 juta atau Rp 693,7 miliar) dan Werner (EUR 53 juta / Rp 919,2 miliar) yang penampilannya musim lalu menonjol di Eropa sepertinya tidak. adil.

"Setelah sukses Harry Maguire (menjadi bek termahal dunia saat direkrut Manchester United, Red) musim panas lalu dan kini Ben Chilwell, The Foxes (sebagai Leicester City, Red) harus diakui sangat jago bertransaksi. , "tulis ESPN.

Bagaimana dengan aspek teknisnya? Mencatat 3 gol dan 3 assist dalam 27 penampilan di Premier League, statistik Chilwell tidak bisa dibilang buruk. Bandingkan dengan bek kiri terbaik Liga Inggris saat ini, Andrew "Robbo" Robertson (Liverpool FC) dengan 2 gol dan 12 assist dalam 36 penampilan.

Baca:  Dibatalkan ke Juventus, Luis Suarez Diduga Berselingkuh Saat Ujian Bahasa Italia

Ada statistik lain yang membuat pelatih Chelsea Frank Lampard bertekad memilih Chilwell. Menurut OptaJoe, Chilwell adalah bek kiri setelah Robbo yang membawa bola paling banyak di atas 10 meter sepanjang Liga Inggris musim lalu. Chilwell 158 kali dan Robbo 204 kali.

Bek sayap Keyakinan dalam penguasaan bola adalah ciri khas orang-orang Lampard. "Dia (Lampard) meyakinkan saya bahwa saya cocok dengan sistem permainan yang dia bawa," kata Chilwell di situs resmi Chelsea.

"Itulah yang membuat saya yakin memilih Chelsea," lanjut pemain yang menandatangani kontrak lima musim dan akan dibayar GBP 190 ribu (Rp 3,67 miliar) per pekan itu.

Media Inggris menyatakan, Chilwell berpotensi menjadi penerus Ashley Cole. Ya, sejak Cole hengkang pada 2014 lalu, The Blues belum menemukan bek kiri dengan performa sekonsisten pria yang gantung sepatu pada 18 Agustus 2019 di usianya yang ke-39.

Nama-nama seperti Filipe Luis, Marcos Alonso, Abdul Rahman Baba, hingga Emerson Palmieri tak mampu memenuhi ekspektasi tersebut. Hanya kapten tim Cesar Azpilicueta yang lebih baik. Padahal, posisi asli Azpilicueta adalah bek kanan.

Usai Chilwell, Chelsea disebut sepakat mendatangkan bek Malang Sarr dari OGC Nice tadi malam. Di sisi lain, eks bek dan kapten Paris Saint-Germain Thiago Silva serta gelandang serang Bayer Leverkusen, Kai Havertz dilaporkan telah mencapai kesepakatan pribadi dengan The Blues untuk menjadi rekrutan kelima dan keenam.