JawaPos.com-Ini kejutan. Bukan ke Lazio, Real Sociedad ternyata menjadi pelabuhan terkini gelandang David Silva. Klub asal Spanyol itu mengonfirmasi perekrutan Silva dari Manchester City dengan status free transfer.

“Real Sociedad telah mencapai kesepakatan dengan David Silva maka dia akan menjadi anggota tim untuk dua musim mendatang sampai 30 Juni 2022. Sang pemain, yang didatangkan dengan cuma-cuma dari Manchester City, akan bergabung dengan persiapan pramusim tim tidak lama lagi,” demikian pernyataan Sociedad melalui laman resminya.

Bergabungnya Silva ke Sociedad mengejutkan sejumlah pihak. Tidak lama setelah kabar itu dicuitkan oleh akun resmi Sociedad, situs resmi klub mengalami sedikit gangguan sehingga macet dan sulit dibuka.

Sebab, sebelum akhirnya bergabung ke Sociedad, tim Serie A Lazio difavoritkan menjadi klub baru Silva. Jadi, banyak orang yang kemudian penasaran.

Silva kembali berkompetisi di Liga Spanyol setelah satu dasawarsa berseragam Manchester City. The Citizens merekrut Silva dari Valencia pada 2010.

Silva akan mengenakan kaus bernomor punggung 21 di Stadion Anoeta. Sebelumnya, nomor itu dipakai pemain pinjaman asal Real Madrid Martin Odegaard pada musim lalu.

Silva adalah salah seorang pemain terbaik yang pernah berkiprah di Premier League. Dia membantu City memenangi empat gelar Liga Inggris, dua Piala FA, lima Piala Liga Inggris, dan tiga Community Shield. Total, Silva mendulang 14 trofi bersama City.

Selama di City, Silva mencatat 436 penampilan di semua ajang. Pada ajang internasional, Silva juga sukses besar. Dia masuk dalam skuad Spanyol yang menjadi juara dunia 2010 dan EURO dua kali pada 2008 dan 2012.

Untuk menghormati kontribusinya, pada Senin malam WIB (17/8), City mengumumkan akan membangun patung Silva di Stadion Etihad.

Baca:  Cristiano Ronaldo Apes Week: The Burglary House, Hotel Akan Bangkrut