JawaPos.com – Komite wasit UEFA telah mengumumkan bahwa wasit asal Italia, Daniele Orsato akan memimpin laga final Liga Champions antara PSG v Bayern Munchen di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Senin dini hari (24/8).

Wasit berusia 40 tahun tersebut sudah menjadi wasit internasional sejak 2010. Dan laga final nanti merupakan kali pertama Orsato memimpin laga final, sebelumnya dia sudah memimpin enam pertandingan Liga Champions musim ini.

“Anda memimpikan momen ini sepanjang karier. Bagi saya, ini adalah mimpi seumur hidup. Perasaan pertama yang hinggap di tubuh saya ketika diberi tahu akan memimpin laga final adalah sangat bersemangat,” kata Daniele Orsato dilansir dari laman resmi UEFA.

Orsato juga jadi pengadil pada perempat final Liga Europa. Sementara di musim lalu, Orsato jadi wasit keempat untuk final Liga Europa antara Chelsea v Arsenal.

Baca juga: PSG vs Bayern Munchen: Menanti Juara Baru

Di final Lisbon nanti, Orsato akan ditemani dua asisten, yakni Lorenzo Manganelli dan Alessandro Giallatani. Daniele Orsato mengaku punya hubungan baik dengan kedua rekannya itu. Sebab, mereka bertiga sering belajar bersama tentang detil pertandingan.

Selain ditemani dua asisten, UEFA menunjuk Ovidiu Hategan asal Rumania sebagai ofisial keempat. Sementara untuk VAR, federasi menunjuk Massimiliano Irrati sebagai petugas utama, dibantu Marco Guida selaku asisten.

“Kami memiliki hubungan yang luar biasa. Kami selalu mempelajari setiap detil bersama-sama dan saling mendukung satu sama lain ketika di dalam mau pun luar lapangan,” jelasnya.

Baik pemain PSG maupun Munchen wajib bermain dengan hati-hati. Sebab, Daniele Orsato tidak segan-segan mengeluarkan kartu kuning. Dari enam laga Liga Champions 2019-2020 yang dipimpinnya, tercatat 33 lebar kartu kuning dicabut dari kantongnya.

Baca:  Tidak ada yang secepat Timo Werner dalam memberikan kesan positif

Salah satu laga yang dipimpinnya pada Liga Champions 2019-2020 adalah ketika Real Madrid menjamu Manchester City di babak 16 besar, Februari lalu. Pada laga itu, Orsato mencabut tiga lembar kartu kuning dan satu kartu merah untuk Sergio Ramos. Ia juga memberikan satu hadiah penalti buat The Citizens.

Saksikan video menarik berikut ini: