JawaPos.com – Ada kabar bagus bagi fans jelang bergulirnya Bundesliga 2020–2021 pada Sabtu dini hari nanti (19/9). Yakni, fans sudah boleh kembali duduk di tribun stadion setelah absen lebih dari enam bulan seiring pandemi Covid-19.

Bundesliga mengekor Ligue 1 yang sudah lebih dulu membuka pintu bagi fans di stadion. Bedanya, alokasi penonton yang boleh datang dalam laga Bundesliga lebih banyak. Kalau Ligue 1 hanya memperbolehkan maksimal 7 ribu orang, Bundesliga mematok maksimal 20 persen dari kapasitas stadion.

Di Allianz Arena sebagai venue laga pembuka antara Bayern Muenchen versus Schalke 04, misalnya. Seiring berkapasitas 75.024 penonton, berarti fans yang boleh hadir di kandang Bayern tersebut bisa mencapai sekitar 15 ribu orang. Semua adalah fans tuan rumah karena fans tamu dilarang.

  • Baca Juga: Kalahkan Manchester United, Liverpool Dapatkan Thiago Alcantara

’’Persentase jumlah penonton yang datang memang kebijakan masing-masing klub dan atas persetujuan dari negara bagian setempat,’’ tulis Der Spiegel mengutip aturan dari DFL (penyelenggara Bundesliga).

Seiring jumlah penonton terbatas, Bayern mengundi 15 ribu tiket dari total 40 ribu fans pemegang tiket musiman. ”Undian dilakukan per laga dan fans tidak boleh mengajukan permohonan untuk dua laga secara beruntun,’’ sebut Bayern dalam pernyataan resminya.

Selain Bayern, hanya ada enam klub yang bisa menghadirkan lebih dari 10 ribu fans ke stadion karena kapasitas stadion mereka. Antara lain, Borussia Dortmund (15 ribu), Hertha BSC (14.895), Eintracht Frankfurt (10.300), Gladbach (10.804), Schalke 04 (12.454), dan VfB Stuttgart (12.090).

Baca:  Aleksandar Kolarov, Dua Klub Elit Ibu Kota, Kini Pilih di Milan